ANALISIS ALGORITMA

Jika ada beberapa algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan permasalahan yang sama, maka harus dipilih salah satu yang sesuai dengan permintaan. Alat yang paling utama untuk tujuan tersebut adalah analisis algoritma. Analisis algoritma ini digunakan setelah kita menentukan efisiensi bermacam – macam algoritma yang dapat membuat keputusan terbaik yang digunakan, tetapi tidak ada formula khusus untuk menganalisis efisiensi algoritma. Sebagian besar berdasarkan pendapat, intuisi, dan pengalaman. Meskipun demikian, ada beberapa teknik dasar yang sering digunakan, seperti pengetahuan tentang memperlakukan struktur control dan persamaan rekurensi.
Efisiensi algoritma dapat ditentukan dengan 2 parameter :
1. Waktu eksekusi algoritma
2. Jumlah langkah algoritma

Waktu sangat sulit untuk menjadi parameter efisiensi atau tidaknya sebuah algoritma dikarenakan kecepatan prosesor yang sangat berbeda. Sebuah algoritma dieksekusi dalam computer dengan prosesor PIV.
Parameter baku yang dapat digunakan sebagai parameter ukur efisiensi ialah jumlah langkah. Ini karena jumlah langkah algoritma yang sama, meskipun dieksekusi dalam computer dengan kecepatan yang berbeda, tentu sama meskipunakan menghasilkan jumlah waktu yang berbeda.
Analisis Struktur Kontrol
Analisis algoritma biasanya meneruskan dari bagian dalam. Pertama, menetapkan waktu yang diperlukan oleh intruksi tunggal ( sering kali di batasi oleh konstanta ), kemudian mengabungkan waktu tersebut berdasarkan struktur control dan mengabungkan intruksi – intruksi pada program.
Barisan (Sequencing)
Diberikan p dan P adalah dua penggalan pada sebuah algoritma. Mungkin merupakan instruksi tunggal atau subalgoritma yang rumit susunannya. Diberikan t dan T adalah waktu yang berturut – turut dimiliki oleh p dan P. Waktu tersebut akan tergantung pada bermacam – macam parameter, seperti ukuran kejadian.
Aturan sequencing dikatakan membutuhkan waktu untuk menghitung “p dan P”, maka pertama p dan selanjutnya P , secara sederhana t + T. Dengan menggunakan aturan maksimum (maximum rule), waktu tersebut adalah O (max (t, T)).
Sumber Algoritma dan Pemrograman oleh Fajar Junaedi EP

sumber : http://steffifauziah.wordpress.com/2010/06/16/analisis-algoritma/

0 komentar:

Posting Komentar